Barcode

Barcode adalah representasi data yang bisa dibaca secara visual oleh mesin pembaca optik, pada umumnya barcode berbentuk sekumpulan vertikal hitam dan putih dengan ketebalan dan jarak yang berbeda untuk menyimpan data-data spesifik misalnya kode produksi, tanggal kadaluwarsa, nomor identitas dengan mudah dan murah. Barcode juga bisa berbentuk segi-empat, segi lima, skumpulan titik dan segala bentuk geometris 2 dimensi, kode matriks ato simbol.

Barcode pertama kali dipergunakan untuk mengotomisasi sistem pembayaran dan check out pada supermarket, sistem ini masih dipakai sampai sekarang. Barcode sudah melebar ke fungsi lain yang pada umumnya di dikenal dian Auto ID Data Capture (AIDC), sistem yang lebih baru seperti RFID tidak bisa mengalahkan simplisitas, kepopuleran, dan biaya rendah yang ditawarkan Barcode.

Barcode dibaca dengan scanner optis yang dikenal dengan barcode reader, atau dengan image dan dibaca dengan software khusus pembaca barcode. Software ini sudah mulai tersedia untuk di install di telepon seluler yang berkamera, atau smartphone.

1 komentar:

Amir lazuardi mengatakan...

kira2 model barcode jaman dulu kayak gmn yah????

Pengikut