Apa Itu Customer Relatioship Management?

Adalah sistem atau proses yang diterapkan oleh perusahaan untuk menangani hubungan dengan customer, prinsip kerjanya adalah, setiap melakukan transaksi barang atau jasa, data transaksi tersebut direcord. Perusahaan membangun database pelanggan yang kuat, lalu membuat profil dari setiap pelanggan, lalu menganalisa profil tersebut sehingga kita bisa memberikan layanan yang lebih terfokus dan customized untuk customer tersebut.

Software yang dibergunakan untuk CRM pun beragam, dari spreadsheet sederhana sampai customized Database Management System, seperti SQL, Oracle dsb. Ada pula dikembangkan software specialized CRM seperti Vesigo CRM, Siebel, dan Salesforce.com.

Saleforce.com adalah inovasi baru solusi CRM, dengan bayar bulanan, kita 'menitipkan' database pelanggan pada server mereka, dan proses input, analisa dilakukan via html, jadi perusahaan tidak perlu menginvestasi untuk server, dan hardware lainnya sebagai sarana pendukung program CRM.

Ada 7 macam CRM; Operational, Sales Force Automation, Analytical, Sales Intelligence, Campaign Management, Collaborative, dan Geographic

Sekarang terdapat ribuan scheme untuk mendapatkan data customer dan calon customer untuk kepentingan marketing; minimarket menawarkan keanggotan dengan janji discount dan hadiah yang sebenarnya tidak terlalu significant bagi customer, tapi perusahaan mendapatkan data customer dan record barang yang dibeli oleh customer tersebut. Kartu kredit BCA bekerja sama dengan Carrefour, kartu kredit punya data pribadi kita dan juga history kredit kita.

1 komentar:

Amir lazuardi mengatakan...

crm ternyata berguna buat para pedagang yang ingin pelanggannya tetap eksis a.k.a biar pundi pundi kekayaan tidak hilang...

salam neokolonialisme

Pengikut